PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SMP NEGERI 2 WONOGIRI

STUDENT CHARACTER BUILDING THROUGH THE ACTUALIZATION OF PANCASILA VALUES IN DRUMBAND EXTRACURRICULAR IN SMP NEGERI 2 WONOGIRI

Authors

  • Wiwik Sri Wigati SMP Negeri 2 Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v7i1.95

Keywords:

Nilai-nilai Karakter, Aktualisasi nilai-nilai pancasila, Drumband

Abstract

Tantangan terbesar dunia pendidikan dalam pembentukan karakter siswa  adalah mempersiapkan generasi emas yang berkarakter dan berjiwa pancasilais, demikian  Keberhasilan pengembangan sekolah berkarakter di SMP Negeri 2 Wonogiri masih jauh dari harapan, Untuk mengatasi permasalahan ini, Penulis yang sekaligus pelatih dan pembina ekstrakurikuler Drumband berusaha membumikan dan mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler Drumband.  Tujuan Penulisan karya tulis ini untuk memberikan gambaran tentang pengembangan Drumband dalam usaha memperkuat pembentukan karakter siswa yang dijiwai nilai-nilai Pancasila, serta memberikan gambaran hasil dan dampaknya. Adapun langkah-langkah aktualisasi nilai-nilai pancasila dalam pembentukan karakter siswa  melalui Drumband dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap evaluasi. Dampak pelaksanaan kegiatan terhadap pembentukan karakter siswa adalah (1)Terbentuknya kesadaran dari semua anggota / personil Drumband  yang dijiwai nilai-nilai Pancasila utamanya nilai-nilai religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan Integritas, (2)Timbulnya kesadaran warga sekolah merasa memiliki dan mendukung setiap kegiatan, (3)Terbangunnya solidaritas tim, (4) Meningkatnya motivasi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga prestasi akademik meningkat, (5) Timbulnya kepuasan dari berbagai pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, Muhajir. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP. Jakarta. Kemendikbud.

Httpps://id.Iinkedin.com// pulse / marching band – Sebagai – Pendidikan –Berkarakter - Sebuah -Solusi- hermawan.(2015)

Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Bandung. PT. Rosdakarya

Kinardi.2004. Pengetahuan Dasar Marching Band. Jakarta. PT.Citra Intirama.

Komalasari, Kokom dan Saripudin.D (2017), Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung.PT Refika Aditama

Kurniasih, Imas dan Sani.B (2017). Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Jakarta. Kata Pena

Maksum, A. 2007. Psikologi olahraga: Teori dan aplikasi. Surabaya: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.

Muslich, Masnur (2015). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta. PT.Bumi Aksara

Rogers, G.L. (1985). Attitudes of High School Band Directors and Principals Toward Marching Band Contests. Journal of Reasearch in Music Education,33(4), 259-267.

Utomo, Bambang. 2012. Keteladanan Kepemimpinan. Sawangan. Pusdiklat

Downloads

Published

01-06-2021

How to Cite

Wigati, W. S. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SMP NEGERI 2 WONOGIRI: STUDENT CHARACTER BUILDING THROUGH THE ACTUALIZATION OF PANCASILA VALUES IN DRUMBAND EXTRACURRICULAR IN SMP NEGERI 2 WONOGIRI. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 7(1), 77–86. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v7i1.95

Issue

Section

Articles