INOVASI POLRES WONOGIRI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENCEGAHAN KORUPSI MELALUI YANPATDU
DOI:
https://doi.org/10.59344/inisiasi.v10i1.88Keywords:
Yanpatdu, pelayanan masyarakatAbstract
Salah satu peran polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengayomi dan memberikan pelaynanan kepada masyarakat. Meski telah tercatat bahwa pelayanan polisi sudah mengalami peningkatan, polisi masih ingin meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat. Salah satunya adalah Polres Wonogiri dengan inovasi program aplikasi “Yanpatdu” atau pelaayaanan cepat terpadu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat signifikan dari peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menerapkan Zona Integritas melalui Yanpatdu khususnya pada pelayanan SPKT (Sentra pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres Wonogiri. Dengan adanya aplikasi tersersebut pelayanan Polres Wonogiri kepada masyarakat semakin meningkat, transparan, dan cepat.
Downloads
References
Abdussalam. 2014. Ilmu kepolisian Sebagai Ilmu Pengetahuan, PTIK Jakarta
Andrianto, Nico. 2007. Good E-Government Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui E-Government, Bayumedia
Anderson, James E. 1979. Public Policy Making (Second Edition). New York : Holt, Rinehart and Winston
Arikunto, Suharsini.1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, jakarta: PT Rineka Cipta
Bachtiar, Harsja W. 1994. Ilmu Kepolisian Suatu Cabang Ilmu Pengetahuan Yang Baru, Jakarta : Grasindo
Cholic, Ahmad. 2011. Responsivitas Pelayanan public (Studi Deskriptif Mengenai Partisipasi masyarakat terhadap Pelayanan kepolisian Unit Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam Pelaksanaan Program Quick Respon. Universitas Airlangga
Dahniel, Rycko Amelza, Surya Dharma. 2014. Perilaku Organisasi Kepolisian, Pustaka Pelajar
Dunn, William, N. 1998. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua Terjemahan, gajah mada University Press, Yogyakarta
Depdagri. 2003. Modul Pelatihan Pelayanan Prima, Jakarta : Depdagri
Dwiyanto, Agus. 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta : Gadjah mada University Press
Dwiyanto, Agus. 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik. Jogjakarta : Gava Media
Dwiyanto, Agus. 2012. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Jogjakarta : Gadjah Mada University Press
Fardhani, Harentama. 2010. Ananlisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang.Universitas Diponegoro. Semarang
Gapersz, Vincent. 2004. Perencanaan Strategik untuk Peningkatan Kinerja Sektor Publik : Suatu Petunjuk Praktek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Gani,Yopik. 2019. Implementasi Pembangunan Zona Integritas dalam Pelayanan Publik Polri, Jurnal Ilmu Kepolisian.Vol 13: 2.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimesi, Indikatora dan Implementasinya). Yogyakarta : Gava Media
H.A.S Moenir.1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta
Hessel Nogi S. Tangkilisan. 2005, Manajemen Publik, Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : CV mandar maju
Karjadi. M, 1962. Himpunan Peraturan Peraturan Dinas Kepolisian Negara, Bogor: Politeia
Karjadi. M, 1979. Peraturan Melakukan Tugas Kepolisian di jalan, Bogor: Politeia
Kartono, Drajat, Indri Jatmiko, Agung Wibowo, Fransisco Amaral, Sudarmo, Wiwik Ratna K, Purwoko, Puji Hardjono, 2004, Administrasi Pelayanan Publik, Surakarta : Pustaka Cakra
Keputusan Bersama antara Kapolri dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. KB: KB/1/IV/2018, No: 01 Tahun 2018, tentang Tata Cara Pembangunan Zona Integritas(ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani
Kumorotomo. Wahyudi. 2017. Citizen Charter (kontrak Pelayanan) : Pola Kemitraan Strategis Untuk Mewujudkan Good Governance dalam pelayanan Publik, UGM. Jogjakarta
Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung : Alfabeta
Moenir, 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement), Jakarta : Ghalia Indonesia
Nasution, Rusli.2017. Reformasi Birokrasi Polri Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kepolisian Daerah Jawa barat)
News.detik.com, 27 September 2017
Ombudsman.go.id/index.php/berita/siaran-pers-ombudsman/3091-siaran-pers-ombudsman
Osborne, david, Peter Plastrik, 1997, Banishing Bureaucracy, Addison-wesley Publishing Co, Inc, USA.
Parasuraman.A VA Zuthaml, and L L Berry. 1985 A Conceptual Model of Service Quality and Implication For Future Research Journal of Marketing vol 49
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 tahun 2014
Pratiwi, Krisna Anggun. 2015. Upaya Meningkatkan Pelayanan Kepolisian Melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) (Studi Pada Polisi Resort Pasuruan Kota). Jurnal Administrasi Publik. Vol 3 :3
Priyono, Heri. 2018. Korupsi : Melacak Arti, Menyimak Implikasi, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rahardjo, Satjipto. 2002. Polisi Sipil Dalam Perubahan Sosial di Indonesia, Jakarta : Kompas
Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rasul, Syahrudin, 2003. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran dalam Perspektif UU NO. 17/2003 Tentang Keuangan Negara. Jakarta: PNRI
Rifai. Abdillah. 2015. Penerapan Prinsip Civilian Police dalam pelaksanaan Pelayanan Prima Kepolisian Di Bidang patroli. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta
Salam Setyawan, Dharma. 2004. Manajemen Pemerintahan di Indonesia, Jakarta : Djambatan
Santosa, pandji, 2008. Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : Refika Aditama
Saidani, Basrah, samsul arifin. 2012. Pengaruh Kualitas produk dan Kualitas layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada ranch market. Jurnal Riset manajemen Sains Indonesia, Vol 3:01
Sanapiah Azis. 2000. Pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat jurnal Administrasi Negara Vol 6 Nomor 1.
Sekaran, Uma. 1992.Research Methods for Business: Skill Building Approach; 2nd Edition. John Wiley & Sons, Inc.
Shiddiqy, Rizky. 2015. Membangun Zona Integritas Sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi. Brawijaya University
Siagian, Sondang P. 1998. Manajemen Stratejik, Bumi Aksara. Jakarta
Singarimbun, 2001, Metode penelitian Survey, LP3ES Yogyakarta
Skep KAPOLRI No.Pol: SKEP 816/IX/2003
Skep KAPOLRI No.Pol: SKEP 580/VI/2016
Soehardi, SA. 2010. Polisi Penegak Hukum Yang Pelayan, Semarang : PD PP Polri Jawa Tengah
Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suharto, Agus. 1998, Manajemen Pelayanan Publik, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, Malangah mada University Press, Yogyakarta
Syahra. Rusdi. 2005. Koproduksi dan Sinergisme : Pergeseran Paradigma Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Vol 7:1.
Tabah, Anton. 1991. Menatap Dengan Mata Hati Polisi Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Tabah, Anton, Kunarto. 1996. Polisi Harapan Dan Kenyataan. Klaten : CV Sahabat
Tempo.com, Rabu, 3 Januari 2018
Thamrin, Husni. 2013. Hukum Pelayanan Publik di Indonesia, Yogyakarta : Aswajaya Pressindo
Turner, Mark and Hulme, David ,1997. Governance, Administrasi, and Development: Making The State Work. London: MacMillan Press Ltd
Umar Galih. Abdillah. 2014. Upaya Polri Dalam Meningkatkan Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Malang Kota). Jurnal Administrasi Publik. Vol 2:5
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
UU No. 2 Tahun 2002 Pasal 2 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 2, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4168)
Wibawa. Samodra. 2005. Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara / Publik. Jogjakarta : Gava Media
Widodo, Joko. 2001. Good Governance, Surabaya, Insan Cendekia
Winarno, B. 2005. Teori dan Proses kebijakan publik, Media Persindo, Yogyakarta
Yin, Robert. 2009. Studi Kasus (Desain dan Metodologi). Alih Bahasa : M. Djauhi Mudzakir, Jakarta: Rajawali Pers
Zauhan, Soesilo. 2012. Reformasi Administrasi : Konsep, Dimensi dan Strategi. Jakarta, Bumi Aksara