INOVASI POLRES WONOGIRI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENCEGAHAN KORUPSI MELALUI YANPATDU

Authors

  • Ruslina Dwi Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.59344/inisiasi.v10i1.88

Keywords:

Yanpatdu, pelayanan masyarakat

Abstract

Salah satu peran polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengayomi dan memberikan pelaynanan kepada masyarakat. Meski telah tercatat bahwa pelayanan polisi sudah mengalami peningkatan, polisi masih ingin meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat. Salah satunya adalah Polres Wonogiri dengan inovasi program aplikasi “Yanpatdu” atau pelaayaanan cepat terpadu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat signifikan dari peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menerapkan Zona Integritas melalui Yanpatdu khususnya pada pelayanan SPKT (Sentra pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres Wonogiri. Dengan adanya aplikasi tersersebut pelayanan Polres Wonogiri kepada masyarakat semakin meningkat, transparan, dan cepat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam. 2014. Ilmu kepolisian Sebagai Ilmu Pengetahuan, PTIK Jakarta

Andrianto, Nico. 2007. Good E-Government Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui E-Government, Bayumedia

Anderson, James E. 1979. Public Policy Making (Second Edition). New York : Holt, Rinehart and Winston

Arikunto, Suharsini.1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, jakarta: PT Rineka Cipta

Bachtiar, Harsja W. 1994. Ilmu Kepolisian Suatu Cabang Ilmu Pengetahuan Yang Baru, Jakarta : Grasindo

Cholic, Ahmad. 2011. Responsivitas Pelayanan public (Studi Deskriptif Mengenai Partisipasi masyarakat terhadap Pelayanan kepolisian Unit Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam Pelaksanaan Program Quick Respon. Universitas Airlangga

Dahniel, Rycko Amelza, Surya Dharma. 2014. Perilaku Organisasi Kepolisian, Pustaka Pelajar

Dunn, William, N. 1998. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua Terjemahan, gajah mada University Press, Yogyakarta

Depdagri. 2003. Modul Pelatihan Pelayanan Prima, Jakarta : Depdagri

Dwiyanto, Agus. 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta : Gadjah mada University Press

Dwiyanto, Agus. 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik. Jogjakarta : Gava Media

Dwiyanto, Agus. 2012. Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Jogjakarta : Gadjah Mada University Press

Fardhani, Harentama. 2010. Ananlisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang.Universitas Diponegoro. Semarang

Gapersz, Vincent. 2004. Perencanaan Strategik untuk Peningkatan Kinerja Sektor Publik : Suatu Petunjuk Praktek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Gani,Yopik. 2019. Implementasi Pembangunan Zona Integritas dalam Pelayanan Publik Polri, Jurnal Ilmu Kepolisian.Vol 13: 2.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimesi, Indikatora dan Implementasinya). Yogyakarta : Gava Media

H.A.S Moenir.1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta

Hessel Nogi S. Tangkilisan. 2005, Manajemen Publik, Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : CV mandar maju

Karjadi. M, 1962. Himpunan Peraturan Peraturan Dinas Kepolisian Negara, Bogor: Politeia

Karjadi. M, 1979. Peraturan Melakukan Tugas Kepolisian di jalan, Bogor: Politeia

Kartono, Drajat, Indri Jatmiko, Agung Wibowo, Fransisco Amaral, Sudarmo, Wiwik Ratna K, Purwoko, Puji Hardjono, 2004, Administrasi Pelayanan Publik, Surakarta : Pustaka Cakra

Keputusan Bersama antara Kapolri dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. KB: KB/1/IV/2018, No: 01 Tahun 2018, tentang Tata Cara Pembangunan Zona Integritas(ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani

Kumorotomo. Wahyudi. 2017. Citizen Charter (kontrak Pelayanan) : Pola Kemitraan Strategis Untuk Mewujudkan Good Governance dalam pelayanan Publik, UGM. Jogjakarta

Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung : Alfabeta

Moenir, 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement), Jakarta : Ghalia Indonesia

Nasution, Rusli.2017. Reformasi Birokrasi Polri Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kepolisian Daerah Jawa barat)

News.detik.com, 27 September 2017

Ombudsman.go.id/index.php/berita/siaran-pers-ombudsman/3091-siaran-pers-ombudsman

Osborne, david, Peter Plastrik, 1997, Banishing Bureaucracy, Addison-wesley Publishing Co, Inc, USA.

Parasuraman.A VA Zuthaml, and L L Berry. 1985 A Conceptual Model of Service Quality and Implication For Future Research Journal of Marketing vol 49

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 tahun 2014

Pratiwi, Krisna Anggun. 2015. Upaya Meningkatkan Pelayanan Kepolisian Melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) (Studi Pada Polisi Resort Pasuruan Kota). Jurnal Administrasi Publik. Vol 3 :3

Priyono, Heri. 2018. Korupsi : Melacak Arti, Menyimak Implikasi, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rahardjo, Satjipto. 2002. Polisi Sipil Dalam Perubahan Sosial di Indonesia, Jakarta : Kompas

Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rasul, Syahrudin, 2003. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran dalam Perspektif UU NO. 17/2003 Tentang Keuangan Negara. Jakarta: PNRI

Rifai. Abdillah. 2015. Penerapan Prinsip Civilian Police dalam pelaksanaan Pelayanan Prima Kepolisian Di Bidang patroli. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Salam Setyawan, Dharma. 2004. Manajemen Pemerintahan di Indonesia, Jakarta : Djambatan

Santosa, pandji, 2008. Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : Refika Aditama

Saidani, Basrah, samsul arifin. 2012. Pengaruh Kualitas produk dan Kualitas layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada ranch market. Jurnal Riset manajemen Sains Indonesia, Vol 3:01

Sanapiah Azis. 2000. Pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat jurnal Administrasi Negara Vol 6 Nomor 1.

Sekaran, Uma. 1992.Research Methods for Business: Skill Building Approach; 2nd Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Shiddiqy, Rizky. 2015. Membangun Zona Integritas Sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi. Brawijaya University

Siagian, Sondang P. 1998. Manajemen Stratejik, Bumi Aksara. Jakarta

Singarimbun, 2001, Metode penelitian Survey, LP3ES Yogyakarta

Skep KAPOLRI No.Pol: SKEP 816/IX/2003

Skep KAPOLRI No.Pol: SKEP 580/VI/2016

Soehardi, SA. 2010. Polisi Penegak Hukum Yang Pelayan, Semarang : PD PP Polri Jawa Tengah

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suharto, Agus. 1998, Manajemen Pelayanan Publik, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, Malangah mada University Press, Yogyakarta

Syahra. Rusdi. 2005. Koproduksi dan Sinergisme : Pergeseran Paradigma Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Vol 7:1.

Tabah, Anton. 1991. Menatap Dengan Mata Hati Polisi Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Tabah, Anton, Kunarto. 1996. Polisi Harapan Dan Kenyataan. Klaten : CV Sahabat

Tempo.com, Rabu, 3 Januari 2018

Thamrin, Husni. 2013. Hukum Pelayanan Publik di Indonesia, Yogyakarta : Aswajaya Pressindo

Turner, Mark and Hulme, David ,1997. Governance, Administrasi, and Development: Making The State Work. London: MacMillan Press Ltd

Umar Galih. Abdillah. 2014. Upaya Polri Dalam Meningkatkan Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Malang Kota). Jurnal Administrasi Publik. Vol 2:5

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

UU No. 2 Tahun 2002 Pasal 2 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 2, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4168)

Wibawa. Samodra. 2005. Reformasi Administrasi : Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara / Publik. Jogjakarta : Gava Media

Widodo, Joko. 2001. Good Governance, Surabaya, Insan Cendekia

Winarno, B. 2005. Teori dan Proses kebijakan publik, Media Persindo, Yogyakarta

Yin, Robert. 2009. Studi Kasus (Desain dan Metodologi). Alih Bahasa : M. Djauhi Mudzakir, Jakarta: Rajawali Pers

Zauhan, Soesilo. 2012. Reformasi Administrasi : Konsep, Dimensi dan Strategi. Jakarta, Bumi Aksara

Downloads

Published

01-06-2021

How to Cite

Wahyuni, R. D. (2021). INOVASI POLRES WONOGIRI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DAN PENCEGAHAN KORUPSI MELALUI YANPATDU. Inisiasi, 10(1), 59–66. https://doi.org/10.59344/inisiasi.v10i1.88

Issue

Section

Articles